Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Bisnis terdiri dari berbagai macam tipe, dan,
sebagai akibatnya, bisnis dapat dikelompokkan dengan cara yang berbeda-beda.
Satu dari banyak cara yang dapat digunakan adalah dengan mengelompokkan bisnis
berdasarkan aktivitas yang dilakukannya dalam menghasilkan keuntungan.
- Manufaktur adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari barang
mentah atau komponen-komponen, kemudian dijual untuk mendapatkan
keuntungan. Contoh manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi barang
fisik seperti mobil atau pipa.
- Bisnis jasa adalah bisnis yang menghasilkan
barang intangible, dan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran
atas jasa yang mereka berikan. Contoh bisnis jasa adalah konsultan dan
psikolog.
- Pengecer dan distributor adalah pihak yang berperan sebagai
perantara barang antara produsen dengan konsumen. Kebanyakan toko dan
perusahaan yang berorientasi-konsumen adalah distributor atau
pengecer. lihat pula: Waralaba
- Bisnis pertanian dan pertambangan adalah
bisnis yang memproduksi barang-barang mentah, seperti tanaman atau mineral
tambang.
- Bisnis finansial adalah
bisnis yang mendapatkan keuntungan dari investasi dan pengelolaan modal.
- Bisnis informasi
adalah bisnis menghasilkan keuntungan terutama dari pejualan-kembali
properti intelektual (intelellectual property).
- Utilitas adalah bisnis yang mengoperasikan
jasa untuk publik, seperti listrik dan air, dan biasanya didanai oleh
pemerintah.
- Bisnis real estate adalah
bisnis yang menghasilkan keuntungan dengan cara menjual, menyewakan, dan
mengembangkan properti, rumah, dan bangunan.
- Bisnis transportasi adalah
bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan barang atau
individu dari sebuah lokasi ke lokasi yang lain.
- Bisnis online
adalah bisnis yang dilakukan secara online lewat internet. Dalam bisnis
online, barang apa saja bisa diperjuabelikan layaknya pada bisnis pada
umumnya. Untuk bisa berbisnis secara online, banyak media yang bisa
dimanfaatkan, salah satunya adalah website, facebook, twitter, instagram,
path, blog dan lainnya.
Teknologi Informasi dan Komunikasi, adalah
payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses
dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi
dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang
berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan
pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu
yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer
data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi
dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi
Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala
kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan
informasi antar media. Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara
teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan
teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi
tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad
ke-21, TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik
jenuhnya.
Bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang
dilakukan individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan
tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi
informasi. Yang dimaksud teknologi informasi disini mencakup semua hal yang
berkaitan dengan teknologi informasi, seperti internet. Bisnis informatika berkembang
dengan pesat akhir-akhir ini seiring dengan berkembang pesatnya pula teknologi
informasi. Karena Bisnis Informatika muncul karena adanya peluang yang terdapat
di dalam suatu teknologi informasi. Suatu kegiataan yang memiliki nilai dengan
tujuan mendapatkan keuntungan dan dilakukan dengan bantuan teknologi, apapun
bidangnya selama kita melakukan dengan bantuan teknologi itu termasuk ke dalam
bisnis informatika.
MatahariMall.com adalah situs perdagangan
elektronik asal Indonesia yang menyediakan lebih dari ratusan ribu pilihan
produk dari segala kebutuhan mulai dari fashion wanita, fashion pria, kesehatan
& kecantikan, handphone & tablet, laptop, gadget, elektronik,
lifestyle, hobi, hingga keperluan rumah tangga. MatahariMall.com merupakan anak
perusahaan dari Lippo Group yang terkenal dengan usaha retail seperti
Hypermart, Matahari Department Store, Books & Beyond, saluran televisi
swasta BeritaSatu, layanan internet First Media dan televisi berlangganan Big
TV. MatahariMall.com resmi diluncurkan pada tanggal 9 September 2015.
MatahariMall.com merupakan eCommerce di Asia
Tenggara yang mengadopsi sistem belanja "O2O" (online-to-offline dan
offline-to-online), yang memungkinkan para pelanggannya untuk membayar,
mengambil, atau mengembalikan produk di ratusan cabang Matahari Department
Store di seluruh Indonesia. Layanan O2O diadopsi MatahariMall.com dari Walmart,
yang ketika diluncurkan 50% penjualannya berasal dari O2O.
MatahariMall.com menyediakan pilihan metode pembayaran
kepada pelanggannya sebagai berikut.
- Transfer
antarbank.
- Kartu kredit
dengan cicilan 0%,
- COD (cash on
delivery)
Kelebihan dari MatahariMall.com:
- Penyediaan
voucher diskon yang sangat besar
- Tersusun secara
rapi barang atau kategorisasi produk yang memudahkan pembeli untuk memilih
barang
- Memudahkan
pembeli dengan menggunakan kartu kredit mandiri yang diberikan cicila
bunga 0% selama 3-12 bulan untuk setiap produk.
- Banyak pilihan
cara pembayaran saat memilih metode pembayaran secara bank transfer. Ada
pilihan tujuan rekening pembayaran BCA, CIMB Niaga, BRI, BNI, Nobu Bank,
dan Mandiri, serta layanan COD (cash
on delivery).
Kekurangan dari
MatahariMall.com:
- Tidak semua kupon
voucher bisa digunakan.
- Harus
Login/Regitrasi terlebih dahulu untuk melakukan pembelian
- Tidak adanya
review dari pembeli
Perkembangan bisnis informatika di Indonesia dan dunia :
Di zaman yang sudah canggih seperti sekarang
ini banyak memberikan kemudahan dan kelancaran dalam menjalan bisnis dengan
rekan yang berbeda negara dengan menggunakan teknologi tanpa harus mengeluarkan
biaya yang terlalu mahal, dan memanfaatkan video conference maupun internet
call yang bisa dipakai kapan saja dan dimana saja tanpa kesulitan. Penggunaan
video conference ini banyak digunakan di semua industry global. Tidak hanya
mempengaruhi bagi perusahaan saja untuk mempermudah dalam berkomunikasi, pada
saat ini pegawai perusahaan dimudahkan dalam mengirimkan hasil laporan kerja
tanpa harus datang ke kantor dengan menfaatkan fasilitas email gratis.
Perkembangan TIK dalam dunia bisnis dapat membantu
urusan bisnis lebih cepat tanpa menggunakan biaya yang begitu besar seperti
untuk mengumpulkan para karyawan satu per satu untuk rapat dengan memanfaatkan
fitur pada handset ponsel pintar sehingga rapat bisa dilaksanakan dimana saja
tanpa harus berkumpul di satu tempat.
Perkembangna bisnis informatika di Indonesia
sangat erat kaitannya dengan pesatnya teknologi yang ada di Indonesia. Salah
satu jenis bisnis informatika yang sedang berkembang pesat di Indonesia yaitu
E-Commerce yang sebanding dengan banyaknya pengguna internet di Indonesia.
Faktor pengguna internet di Indonesia yang semakin meningakat merupakan salah
satu faktor yang mempengaruhi pesatnya perkembangan bisnis informatika di
Indonesia. Tidak membutuhkan modal yang sangat besar untuk memulai usaha
E-commerce karena dengan mampu membuat website yang menarik perhatian konsumen,
sosialisasi yang bagus, dan juga cara pemasaran yang dilakukan pemilik
e-commerce maka konsumen dan keuntungan penjualan akan menghampiri bisnis
tersebut. Berdasarkan dampak perkembangan TIK dalam dunia bisnis di dunia
dan Indonesia seperti contoh diatas dan faktor yang mendukung maka tidak bisa
dipungkiri bahwa dengan adanya perkembangan zaman bisa membuat seluruh bidang
bisnis di masa depan lebih maju dengan menggunakan segala sesuatu yang
behubungan erat dengan bidang informatika.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar